Beritapolisi.com – Jakarta, Menjelang perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah atau Lebaran 2018, Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafruddin Msi, memantau arus mudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).
Wakapolri menjelaskan, saat ini telah terjadi tiga kali lipat lonjakan arus mudik di Stasiun Gambir. Namun, stasiun yang berada di ring satu Ibu Kota itu dinilai paling tertib selama arus mudik Lebaran 2018
Ini cukup tertib, udah saya cek ini. Gambir saya rasa paling tertib, karena tadi dijelaskan, kalau di hari biasa itu 7.000 (penumpang),¬†weekend-nya 7.000, tapi ini lonjakan 20.000. Jadi, 3 kali lipat aja. Tapi semua fasilitas bisa ditampung,” kata Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafruddin Msi. di lokasi.
Jenderal bintang itu juga menilai keamanan di Stasiun Cikini cukup baik. Fasilitas Stasiun Gambir ini telah sama dengan stasiun yang ada di Eropa.
“Bagus sekali (fasilitasnya) sudah seperti stasiun di Jerman, bagian Eropa. Sudah tertib sekali, tidak ada lagi orang berdiri, sudah punya seat, sudah seperti naik pesawat,” kata Komjen Pol Syafruddin.
Meski demikian, Wakapolri masih memberikan evaluasinya tentang ruang tunggu di Stasiun Cikini. Sebab, masih banyak penumpang yang tidak kedapatan tempat duduk saat puncak arus mudik Lebaran ini.
“Ya paling ruang tunggu saja. Tapi di mana-mana juga, saya di Paris kapan itu juga, duduk di bawah karena ruang tunggu enggak memadai. Biasa kalau namanya peak (puncak), hari-hari peak, biasa di mana di seluruh dunia juga, penumpang akan berlebihan,” kata Wakapolri Komjen Pol Drs Syafruddin Msi.(hy/fh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here