Jogosuroboyo.com,-– Tepat di tanggal 10 November, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Peringatan sendiri digelar sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dan mengenang Jasa Para Pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Adapun awal mula ditetapkankannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan adalah peristiwa pertempuran masyarakat Surabaya (yang dikenal arek-arek Suroboyo) melawan sekutu pada tanggal 10 November 1945 dalam rangka mempertahankan kemerdekaan dari Belanda dan Sekutu yang mampu menewaskan Jenderal AWS Mallaby.

Momentum tersebut menjadikan spirit para pejuang bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah, seperti di Bandung yang dikenal dengan Bandung Lautan Api, di Semarang dikenal dengan pertempuran 5 hari, di Yogyakarta dikenal dengan Serangan Umum 1 Maret, di Ambarawa dikenal dengan peristiwa pertempuran Ambarawa, di Medan dikenal dengan peristiwa Medan Area.

Untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan tersebut, Minggu (10/11/2019) Polrestabes Surabaya dan Jajaran menggelar Upacara dan Ziarah ke Makam Pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya Kompol Oki Ahadian menurunkan hampir seluruh Personil yang dimiliki untuk menyemarakkan Peringatan Hari Pahlawan 2019.

“Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya Kompol Oki Ahadian menjelaskan bahwa peringatan Hari Pahlawan ini merupakan bentuk rasa syukur kami atas kemerdekaan Indonesia dan mengenang Jasa Para Pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah”.

Kita merasa beruntung karena hidup dimasa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah peringatan hari pahlawan ini tidak hanya sebatas seremonial semata, namun lebih dari pada itu, yakni meneladani jiwa rela berkorban para pahlawan.

Oleh karena itu, kami Satsabhara Polrestabes Surabaya Surabaya bertekad untuk menjadi “Pahlawan Masa Kini” yang siap melanjutkan perjuangan bangsa dan negara melalui Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kami akan berlomba-lomba menampilkan prestasi utamanya dalam menjaga keamanan dan ketertiban demi mendukung kemajuan bangsa dan negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here