Halodunia.net – Polres Metro Jakarta Timur, Menyambut musim mudik Lebaran 2018, jajaran Polres Jakarta Timur siap mengamankan wilayahnya dengan menggelar Operasi Ketupat Jaya 2018.

“Pagi ini Kepolisian Republik Indonesia menggelar operasi terpusat Ketupat Jaya di seluruh Indonesia, termasuk kami dari Polres Jakarta Timur,” ucap Kapolres Jakarta Timur KOMBES Pol Y.Tony Surya Putra, Rabu (6/6/2018).

Kapolres Metro Jakarta Timur mengatakan untuk musim mudik 2018, ia mengerahkan kurang lebih 1.500 personil gabungan yang terdiri dari Polres Jakarta Timur, BKO Polda, dan kekuatan dari unsur TNI. Sementara untuk menunjang keamanan dan kenyamanan selama mudik, Polres juga mendirikan Pos Pam dan Pos Pantau yang tersebar dibeberapa wilayah Jakarta Timur.

“Untuk Pos Pam kurang lebih ada 14 tersebar di wilayah Jakarta Timur, diantaranya beberapa terminal bus, bandara Halim, dan titik yang dilewati pemudik sepeda motor yakni di sepanjang Kalimalang,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur KOMBES Pol Y. Tony Surya Putra, SIK, MH

Selain itu, ada beberapa titik tol yang juga ikut dipantau oleh jajaran Polres Jakarta Timur, khususnya yang akan mengarah ke Cikampek dan Bogor. Untuk hal ini kapolres mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Jasa Marga.

“Jadi kami akan lakukan patroli hunting system, yakni patroli dinamis menyusuri tuas tol untuk kelancaran dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan, seperti mogok dan lain sebagainya,” ucap KOMBES Pol Tony.

Ketika saat mudik dimulai, petugas Pos Pam akan geser melakukan pengamanan di area pemukiman dan perumahan guna mengantisipasi pelaku pencurian pemeratab rumah kosong yang ditinggal mudik ke kampung halaman oleh pemiliknya.

Kapolres Metro Jakarta Timur juga menghimbau kepada warga yang akan mudik Lebaran dan meningalkan kediamannya kosong untuk melapor dan mendaftar lebih dahulu ke pihak RT dan RW. Setelah terdata, laporan tadi akan dikirim ke polsek-polsek dan kemudian disinergikan dengan anggota Pos Pam untuk melakukan patroli.

Sementara untuk warga yang mudik menggunakan mobil pribadi Kapolres juga mengingatkan untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraanya, mulai dari ban, rem, sistem penerangan, dan lainnya.

“Yang tak kalah penting jangan memaksa, kalau ada rest area atau pos pengaman Polri manfaatkan untuk istirahat. Jangan paksa karena itu salah indikator untuk mengurangi kecelakaan,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur KOMBES Pol Y. Tony Surya Putra, SIK, MH.(hy/Wasiem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here