Sebanyak 14 orang warga asal Sumatera Utara (Sumut) yang eksodus dari Wamena, Papua, kini dalam perjalanan menuju Medan. Mereka sebelumnya dievakuasi ke Surabaya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis menyatakan, mereka yang dipulangkan ke Medan itu sudah dalam perjalanan, Minggu (6/10/2019). Diperkirakan akan tiba di Medan pada Rabu (9/10).

Disebutkan Riadil, 14 warga itu semula bagian dari 31 warga Sumut yang dievakuasi dari Papua ke Surabaya, Jawa Timur. Namun sebanyak 17 orang sudah dijemput keluarganya dan dibawa ke Malang dan provinsi lain.

Nah, yang 14 orang ini minta pulang ke Medan. Mereka terdiri dari 10 orang dewasa dan 4 anak-anak.

“Tim sudah memberangkatkan ke Medan dengan bus, dan diperkirakan tiba hari Rabu,” kata Riadil.

Selain itu, kata Riadil, saat ini tim yang berada di Tanjung Priok, Jakarta, sedang menunggu dan menyiapkan pemulangan warga Sumut yang datang dari Makassar. Jumlahnya 24 orang, yang terdiri atas 14 dewasa dan 10 anak-anak, Mereka diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, pada Senin (7/10).

“Sebanyak 24 warga Sumut tersebut menuju Kota Medan, dengan menggunakan angkutan bus. Kita doakan bersama agar selamat sampai tujuan,” ujar Riadil.

Kerusuhan di Wamena menyebabkan sejumlah warga asal Sumut terpaksa melakukan eksodus. Saat ini terdata ada 293 orang masih mengungsi di beberapa posko yang ada di Papua.

(fdu/fdu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here