Myanmar, 5 Oktober 2019,–Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-74 yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober, Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Diplomasi Duta Bangsa melaksanakan upacara HUT TNI ketika KRI Bima Suci-945 berlabuh di dermaga Myanmar International Terminal Thilawa (MITT) Yangoon Myanmar, Sabtu (5/10).


Upacara yang dilaksanakan di geladak KRI Bima Suci ini, berlangsung secara hikmat dengan Inspektur Upacara Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M. Tr. Hanla. dan Komandan Upacara Mayor Laut (P) Yacob Tri Rahardjo serta diikuti oleh seluruh prajurit KRI Bima Suci-945, personel Satuan Latihan (Satlat) Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2019 dan Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-66.


Dalam upacara tersebut, Inspektur upacara Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M. Tr. Hanla. membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, antara lain menyampaikan rasa bangga kepada seluruh prajurit yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.


“Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

“Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks”.

Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang,” jelas Panglima TNI.


Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. “Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Panglima TNI dalam sambutan yang dibacakan Inspektur Upacara.*(Kabagpen AAL Imam Setiadi,)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here