Halodunia.net – Papua, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura berencana akan membangun Pos SAR di Dekai, Kabupaten Yahukimo, guna memberikan pelayanan di bidang pencarian dan pertolongan pada masyarakat di kabupaten itu.

“Pembentukan Pos SAR Yahukimo, nantinya secara langsung akan meningkatkan fungsi dari Pos Siaga SAR Yahukimo yang akan di bangun nanti,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura Putu Arga Sujarwadi, Kamis (2/8/2018)

Menurut dia, usai mendengarkan paparan Bupati Yahukimo bahwa wilayah kabupaten tersebut sangat strategis dilihat dari peluang aspek ekonomi. “Yahukimo mempunyai Bandara pengumpan yang menghubungkan bandara-bandara kecil di wilayah pegunungan Papua, sehingga hal ini menjadi pertimbangan saya untuk dapat membuat kajian dalam pengusulan pendirian Pos SAR di wilayah ini,” kata dia.

Putu menambahkan, apabila terjadi musibah di daerah pegunungan terutama penerbangan maka Basarnas Jayapura dapat menggerakkan Tim Aju dari Pos SAR terdekat sehingga efektifitas dan “response time” operasi SAR tercapai.(hy/fn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here