Halodunia.net – Bandung, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Yayat Hidayat memprediksi proses penghitungan suara yang diunggah di laman www.infopemilu.kpu.go.id akan selesai malam ini. Hingga pukul 16.20 WIB, rekapitulasi suara yang masuk sudah mencapai 93,16 persen atau dari 69.832 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 74.962 TPS.

“Saya kira malam ini semuanya sudah beres 100 persen,” kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (29/6/2018).

Dari hasil yang ada, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) tetap menempati urutan teratas dengan raihan 33,12 persen atau 6.798.442 suara. Posisi kedua ditempati Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dengan 28,37 persen atau 5.823.294 suara.

Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi ada di peringkat ketiga dengan 25,86 persen atau 5.308.697 suara. Peringkat terakhir ditempati Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) dengan 12,66 persen atau 2.598.219 suara.

Yayat mengatakan, hasil yang ada bukan merupakan hasil resmi. Itu hanya hasil rekapitulasi digital berdasarkan formulir C1 untuk menjawab rasa penasaran publik atas hasil Pilgub. Sementara hasil rekapitulasi yang benar-benar resmi baru akan diumumkan pada 9 Juli mendatang.

“Jadi, meski data ini pasti sama dengan data resmi (rekapitulasi pada 9 Juli), kita tunggu saja proses resmi yang dilakukan secara berjenjang,” ungkapnya.

Sementara secara umum, angka partisipasi di Pilgub Jabar mencapai 72 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Angka itu mengalami kenaikan dibanding Pilgub sebelumnya yang hanya di kisaran 63 persen.

Yayat pun bersyukur atas hal itu. Sebab, semakin banyak warga yang menggunakan hak pilihnya dengan baik. Menurutnya, ada dua hal yang membuat peningkatan partisipasi publik. Pertama adalah kenyamanan dan ketertiban suasana Pilgub. Kedua, peran media massa dirasa cukup signifikan dalam menyosialisasikan adanya Pilgub dan profil para kandidat.

“Itu saya kira yang mendorong masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS,” ucap Yayat.(hy/OR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here