Masyarakat bersama Forkopimda Gresik jamin keamanan warga Papua di Gresik
Tribratanewsgresik.co – Bertempat di halaman Icon Mall jalan Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Gresik, Polres Gresik gelar olahraga bersama dengan tema Cinta NKRI serta melaksanakan Deklarasi Cinta NKRI.
Kegiatan tersebut dipimpin Kapolres Gresik hadiri Wakil Bupati Gresik Dr. H.Mohammad Qosim, Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta anggota Forkopimda Kabupaten Gresik untuk mengajak masyarakat membacakan deklarasi Cinta NKRI. Senin (26/8/2019) pagi.
Terdiri dari 4 butir deklarasi yang dipandu oleh muda-mudi berpakaian khas daerah, yaitu Kami masyarakat Kabupaten Gresik bersama Forkopimda sepakat untuk menjamin keamanan seluruh pelajar, pekerja dari daerah Papua. Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Menjaga dan mengawal Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI. Memperkokoh empat pilar bangsa yaitu Pancasila, bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 Menuju Indonesia Maju.
Selain membacakan Deklarasi, Wabup Dr.H.Moh Qosim M.si serta, Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro SH.S.I.K M.si, Dandim 0817 Gresik Letkol Infanteri Budi Handoko, Ketua MUI KH. Mansyur Shodiq, Anggota DPRD Gresik Asluchul Alif yang berdiri dipanggung kehormatan dengan memekikkan We Love Papua, Kita Semua bersaudara.
Saat memberikan sambutan, Wakil Bupati bapak Qosim meminta kepada seluruh masyarakat untuk mempererat persatuan diantara kita, sebab Kab. Gresik ada bermacam macam etnis seperti etnis arab Tionghoa, Cina, Madura, Banten, Batak dan papua alhamdulillah berkat dari Kapolres Gresik dibantu TNI dan masyarakat Gresik bisa berkumpul pada pagi hari ini.
Dan iklim Heterogenitas bisa adem, ayem dan tentram, maka dari itu saya mengharapkan semua harus besatu, dengan kebersamaan kita semua bisa menghadapi semua persoalan, baru sebulan lalu Polres Gresik dibantu dengan TNI dan instansi serta element masyarakat telah mengamankan hajatan Pilpres, Pileg 2019 dan Pilkades serentak alhamdulillah berjalan dengan aman dan lancar.
“Mari kita junjung bhinneka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia. Kami sangat sayang seluruh masyarakat Indonesia dari manapun berasal, kami sangat sayang dan cinta terhadap rakyat Papua, Papua harus kembali aman, damai bersama-sama karena kita Bangsa Indonesia. Semua satu dan punya hak yang sama tidak adalagi diskriminasi,” ujar Wabup.
Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro yang ada di samping wabup juga meminta kepada semuanya untuk saling mencintai.
“Kami Polri bersama TNI menjamin keamanan warga Papua yang berada di Kabupaten Gresik entah itu sebagai pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Kondusifitas wilayah tercipta karena adanya sinergitas TNI,Polri dan forpimda serta Seluruh Komponen masyarakat Kabupaten Gresik yang ikut serta bekerjasama menciptakan situasi kamtibmas Yang Aman damai dan kondusif” ungkap Kapolres sambil mengepalkan tangannya.
Selain membacakan deklarasi dan semuanya menandatangani deklarasi tersebut, seluruh peserta diajak bersama-sama menyanyikan beberapa lagu wajib. Bahkan beberapa kelompok yang berpakaian ala masyarakat Papua mengajak semua hadirin untuk menyanyikan lagu daerah Papua Sajojo sambil melaksanakan tarian massal.
Selain itu, Kapolres juga mengajak masyarakat yang hadir untuk melakukan senam bersama yang diiringi beberapa lagu dari Indonesia bagian timur. Tampaknya salah seorang pengunjung Icon Mall dari Mancanegara tertarik ikut melakukan gerakan senam sajojo.
AKBP Wahyu menambahkan, pada kegiatan ini pihaknya mengundang sebanyak 1500 orang. Mereka terdiri dari 1000 orang pelajar tingkat SMTA, dan 500 orang lainnya adalah masyarakat dari berbagai kalangan. Baik dari instansi Pemerintah maupun kelompok masyarakat.
(Humas Polres Gresik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here