HaloDunia.Net,- Lampung Utara.
Bulan Agustus merupakan bulan bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada tanggal 17 Agustus 1945 Negara Indonesia mengibarkan Bendera merah putih sebagai tanda Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kakimal Lampung Letkol Laut (KH) H. Sri Depranoto, S.Ag., M.Pd. yang bergelar Minak Perwira selaku Kakimal baru yang didampingi Ibu Kakimal Hj. Rina Komala Dewi, S.E. selaku ketua anak ranting A Cabang G Jalasenastri dan beberapa anggota TNI AL bersama dengan Pemerintah Desa Madukoro dan Juga Tim Penggerak Keluarga Sejahtera (PKK) Desa Madukoro, Kepala Desa dan Ketua tim pemgherak PKK, ulama Desa Madukoro serta keluarga almarhum Peltu Sepin Setyo serta tokoh pemuda Desa Madukoro mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, Senin, (13/08/2019).

Foto dari Anggota TNI AL

Kegiatan ziarah seperti ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Kimal Lampung dengan ibu ketua dan anggota Jalasenastri dengan keluarga Almarhum, bapak Desa Madukoro didampingi istri, ibu-ibu PKK, pemuda, ulama dan sesepuh Desa Madukoro semenjak wafatnya beliau Tahun 1983.

Dalam sejarah bapak Peltu Sepin Setyo adalah seorang anggota Marinir atau KKO zaman itu yang berjalan paling depan (pakai baret) sebagai pengawal saat Panglima Besar Jendral Soedirman sakit dan diangkat dengan tandu oleh prajurit kesatria gagah perkasa salah satunya adalah Almarhum Peltu Sepin Setyo yang berjalan paling depan kelompok pembawa tandu.

Foto dari Anggota TNI AL

Kakimal mengingatkan dan menghimbau peziarah bahwa salah satu kewajiban anak bangsa adalah menghargai dan menghormati jasa-jasa para Pahlawannya. “Kita bisa seperti ini karena perjuangan pahlawan tanpa pamrih terlebih lagi banyak Pahlawan dari wilayah Prokimal bahkan ada Pahlawan yang pernah berjuang dengan Jendral Sudirman yang berasal dari Desa Madukoro yang bernama Bapak Sepin Setiyo yang kebetulan Juga almarhum yang menjadi kepala Desa Madukoro yang Pertama, “kata Kimal.

Beliau juga yang jasadnya dimakamkan di TMP Kotabumi. Kakimal menekankan jangan pernah melupakan sejarah dan jasa-jasa Pahlawan. “Kita bisa hidup dialam kemerdekaan ini berkat pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan pendahulu bangsa yang sangat kita cintai ini. Mereka tidak pernah meminta upah dari hasil perjuangannya. Dan beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi rutinitas karena berkat perjuangan para Pahlawan Indonesia bisa seperti sekarang, “terangnya.

Diakhir kunjungan/ziarah di TMP Kotabumi Kakimal memimpin doa untuk para pahlawan diseluruh Indonesia baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal insyaALLAH diterima seluruh amal ibadah dan pengabdiannya serta dirahmati alam kuburnya dan mereka merupakan golongan orang-orang penghuni Suraga Firdaus. (Rilis/Syah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here