Aplikasi Jogo Suroboyo, adalah sebuah aplikasi berbasis Android hasil inovasi dari Polrestabes Surabaya untuk Masyarakat warga kota Surabaya secara menyeluruh. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk semakin memudahkan warga agar lebih dekat dengan Kepolisian. Diharapkan setiap warga Surabaya memiliki aplikasi ini pada masing-masing handphonenya. Dengan demikian warga kota Surabaya juga dapat ikut serta menjaga Kamtibmas Kota Surabaya melalui jari jemarinya.

Diatas adalah kutipan perkataan kalimat Aipda Harry Dhewanto, Bhabinkamtibmas Simomulyo Baru Polsek Sukomanunggal Polrestabes Surabaya, ketika memberikan himbauan dan ajakan kepada warga Simomulyo Baru untuk memasang aplikasi Jogo Suroboyo di masing-masing Handphonenya. Senin 05 Agustus 2019.

Berbagai kalangan masyarakat diberikan himbauan dan ajakan oleh Bhabinkamtibmas dengan perawakan tinggi besar tersebut. Dari anak-anak hingga mereka yang sudah lanjut usia, dari ibu rumah tangga hingga bapak Lurah setempat.

Ketika saya tanya “Lho anak² juga diberikan ya pak…”
“Lho iya mas, harus… Anak² adalah tumpuan kita. Mereka harus diarahkan sejak dini, kita ajak untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kita arahkan mereka agar tidak terpengaruh pada hal-hal yang negatif.” ujar Pak Dhewo.

“Daj anak² justru cepat mengerti jika kita ajari, karena daya tangkap mereka akan sesuatu yang baru lebih cepat. Nah yang kami harapkan dari anak-anak tersebut, biasanya mereka akan mengajari para orang tuanya.” sambungnya.

Luar biasa, pemikiran yang bahkan tidak terpikir sama sekali oleh saya. Memang sudah seharusnya kita memperhatikan para generasi millenial, dan mengajak serta mereka. Membelajari mereka untuk lebih peduli pada lingkungan sekitarnya, agar terhindar dari hal-hal yang negatif. Kita berikan masukkan yang positif kepada mereka, karena biasanya generasi millenial ‘lebih ahli’ menggunakan hape Androidnya.

Ketika masuk pada kantor Kelurahan Simomulyo Baru, antusias para pegawai Kelurahan pun sangat luar biasa, satu persatu mereka minta dibantu untuk memasang aplikasi Jogo Suroboyo pada Handphonenya masing-masing. Dan juga kebetulan pada saat itu sedang berkumpul beberapa ketua RT se-Kelurahan Simomulyo Baru.

Bahkan ada kejadian yang menarik ketika kami menerangkan fungsi “Tombol Darurat” pada aplikasi Jogo Suroboyo. Agar digunakan hanya jika benar-benar dalam keadaan darurat.

Dengan disengaja, tiba-tiba salah satu Ketua RT ‘iseng’ ingin mencoba memencetnya. Hasilnya pun tak selang beberapa lama kemudian, tak sampai satu menit langsung di hubungi oleh Command Center Polrestabes Surabaya.

“Tidak ada apa-apa pak, saya cuma mencoba saja. Saya baru pasang aplikasi Jogo Suroboyo” ujar bapak tersebut ketika menjawab panggilan masuk dari Command Center Polrestabes Surabaya.

Dari kejadian ini, TERBUKTI jika Aplikasi Jogo Suroboyo berfungsi 100%. Dan tombol darurat bukan hanya tombol hiasan, tapi juga terhubung langsung dengan Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya. Dengan para operator yang Responsif 24jam selama 7 hari berturut-turut Jogo Suroboyo, agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik. Segala sesuatu yang ada pada aplikasi ini adalah nyata, dan berfungsi semua untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat warga Kota Surabaya.

Lurah Simomulyo Baru Bapak Habib pun juga tidak mau ketinggalan dengan para Pegawai dan ASN nya untuk memasang Aplikasi Jogo Suroboyo pada Handphonenya.

“Aplikasi yang sangat bermanfaat untuk seluruh warga kota Surabaya, dimana masyarakat sudah bisa membuat laporan terkait gangguan Kamtibmas secara langsung. Tanpa harus lagi datang ke Kantor Polisi, cukup melalui hape langsung mendapat respon dari pihak Kepolisian. Ay
o konco² download Aplikasi Jogo Suroboyo, bareng-bareng Jogo Suroboyo.” ujar Lurah Simomulyo Baru Bapak Habib.

Ayo Rek, arek Suroboyo download dan Pasang Aplikasi Jogo Suroboyo di Hapemu. Melu Jogo Suroboyo bareng Polrestabes Surabaya.

“Benar sekali, aplikasi Jogo Suroboyo ini sangat mudah dan bermanfaat kepada masyarakat Surabaya dan warga yang mau masuk ke Surabaya, silahkan downlod dan gunakan jika mengetahui atau mengalami masalah di Kota Surabaya.” Ujar Ipda Umam Ps Kaur Subbag Humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here