Beritapolisi.com – Sulawesi Tengah, Telah terjadi kecelakaan tunggal helikopter milik PT IMIP yang menyebabkan satu orang karyawan PT IMIP meninggal dunia dan enam orang penumpang mengalami luka-luka. Helikopter jatuh di depan pos 2 PT IMIP Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Jumat (20/4/2018) pagi sekitar pukul 09.20 WITA.

Helikopter dipiloti oleh Rudi (42), Kapten I yang mengalami luka dalam akibat kejadian tersebut dan Deliati Hasiolan Gulo, Kapten II mengalami luka patah pada lengan kanan, luka sobek pada bagian kening.

Sementara untuk identitas 6 penumpang masing-masing adalah:

1. Xi Lai Wang, umur 56 tahun, luka ringan

2. Yang Yun, umur 32 tahun, luka ringan

3. Di Yi Fei, 28 tahun, luka ringan

4. Guan Kejiang (tidak apa-apa)

5. Zhao Yipu (tidak apa-apa)

6. Du Gui (tidak apa-apa)

Kronologis kejadian:

1. Sekitar pukul 09.15 WITA, helikopter milik PT IMIP lepas landas dari helipet PT IMIP hendak menuju Kendari.

2. Pukul 09.17 WITA, pesawat helikopter tersebut tiba-tiba berbalik arah menuju landasan helipet PT IMIP.

2. Pukul 09.20 WITA, sebelum tiba di landasan helipet PT IMIP, tiba-tiba pesawat helikopter tersebut terjatuh dan menimpa karyawan atas nama Aris Heni Irawan (23), bugis masamba, karyawan div. Stoker, alamat Desa Lalampu yang sedang melintas di depan pos 2 hendak masuk kerja.

3. Sekitar pukul 09.21 WITA, Danru Pos 2 yang pada saat piket atas nama Adi Topan bersama anggota melakukan pertolongan terhadap pilot, copilot, dan 6 orang penumpang untuk dibawa ke poliklinik PT IMIP guna mendapatkan perawatan.

4. Sekitar Pukul 09.25 WITA, 3 orang penumpang dibawa ke RSUD Kabupaten Morowali dengan menggunakan mobil ambulans PT IMIP.

5. Pukul 09.45 WITA, anggota Polsek Bahodopi tiba di TKP selanjutnya memasang police line.

Akibatnya, tiga orang penumpang mengalami luka ringan dan kapten 1 mengalami luka dalam, sedangkan kapten 2 mengalami patah lengan kanan dan mengalami luka robek bagian kening.

Satu orang karyawan atas nama Aris Heni Irawan mengalami putus kaki kanan, punggung hampir putus, tangan kanan putus, dan leher terputus akibat baling baling heli yang menimpahnya.

Untuk kerugian materil, heli milik PT IMIP mengalami kerusakan pada bagian baling-baling utama atas rusak berat akibat benturan pada saat jatuh, baling baling belaian atau pengendali rusak berat akibat benturan saat terjatuh.

Penyebab terjatuhya heliped milik PT IMIP sementara dilakukan penyelidikan oleh anggota Polsek Bahodopi.(Adhy/Yuno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here