Halodunia.net – Minahasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara menemukan 1.700 surat suara dalam kondisi rusak atau cacat, yang akan digunakan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 Juni mendatang.

“Dari pemeriksaan atau penyortiran kami menemukan 1.700 surat suara yang dalam kondisi rusak dari total 84.388 surat suara yang kami terima dari pihak percetakan. Sejauh ini sudah ada sekitar lima ratus yang rusak,” kata Komisioner KPU Minahasa Tenggara Divisi Logistik Irfan Rabuka di Ratahan, Minggu (3/6/2018).

Dia menuturkan kerusakan tersebut disebabkan adanya bercak berwarna pada kolom kosong, sehingga surat suara tersebut tidak bisa digunakan dalam pemilihan. “Karena Pilkada di Minahasa Tenggara hanya satu pasangan calon makanya format suaranya menggunakan dua kolom bergambar dan kosong. Surat suara yang rusak kebanyakan karena ada bercak tinta berwarna di kolom kosong, maka kami langsung menyatakan surat suara tersebut rusak,” ucap Komisioner KPU Minahasa Tenggara Divisi Logistik Irfan Rabuka.

Sedangkan surat suara yang rusak, menurut Irfan akan dimusnahkan dengan melibatkan pihak terkait. “Nantinya akan dibuat berita acara pemusnahan surat suara rusak ini dan akan disaksikan Panwaslu dan pihak kepolisian. Nantinya yang rusak akan langsung diganti pihak percetakan,” kata Irfan Rabuka.

Sementara itu Semuel Montolalu dari tim pemenangan pasangan calon tunggal Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Joke Legi meminta agar proses pelipatan tidak ada kendala. “Kami berharap proses pelipatan ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga pada pemilihan mendatang tidak ada masalah dalam surat suara ini.

Dia pun meminta KPU dapat lebih teliti memeriksa kondisi surat suara yang sudah diterima.(ay/andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here