Jakarta – Kementerian Dalam Negeri sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda. Rakornas tersebut bahkan disebut-sebut sebagai Rakornas terbesar dan terpenting yang pernah dialami Presiden Joko Widodo. Pujian itu dialamatkannya saat membuka Rakornas secara resmi.

“Apresiasi juga datang dari Bapak Presiden dan juga para menteri. Pak Presiden menyampaikan bahwa Rakornas tersebut merupakan Rakor terbesar dan terpenting yang pernah beliau laksanakan. Di masa lima tahun pertama (Pemerintahan) belum pernah terkumpul sebanyak itu dengan Forkopimda,” kata Mendagri Tito Karnavian saat penyerahan DIPA di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Bagaimana tidak, hampir 3.000 orang memadati Sentul International Convention Center (SICC) untuk menyamakan persepsi soal pelaksanaan dan prioritas pembangunan nasional kedepan. Mereka terdiri atas Kepala Daerah dan seluruh unsur Forkopimda.

“Dengan hubungan mereka yang berangkat bersama-sama dengan Forkopimda yang lain, membuat mereka semakin akrab, dan semakin mempererat hubungan antara kepala daerah dan Forkopimda,” ujarnya.

Tak ayal, penyelenggaraan Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda ini juga mendapatkan apresiasi dari para peserta yang diberikan kesempatan untuk menerima arahan dan penjabaran arah pembangunan ke depan.

“Ini saya kira banyak memberikan manfaat terutama bagi peserta. Oleh karena itu mereka juga memberikan apresiasi karena kita memfasilitasi untuk bisa menerima (arahan) dari presiden, menko, para menteri, dan narasumber lainnya,” jelas Mendagri.

Mendagri pun turut memberikan apresiasi kepada seluruh jajarannya yang telah mempersiapkan hingga mengeksekusi penyelenggaraan acara dengan profesional.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Kemendagri karena Rakornas berjalan dengan baik, dan dalam pandangan saya dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai selepas acara saya melihat jajaran Kemendagri sangat profesional. Bukan saya memuji, tapi fakta hampir tidak ada cacat,” kata Mendagri.

Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat pada Rabu (13/11/2019). Rakornas diselenggarakan untuk melakukan sinkronisasi antara arah Pembangunan Nasional dan Pemerintah Daerah. Acara dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup secara resmi oleh Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Puspen Kemendagri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here