Gresik – Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH SIK MSi menghadiri Rapat Koordinasi Pemantapan Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Selasa (26/2).
Kegiatan rapat koordinasi yang bertempat di Gedung Madina Convention Hall Hotel Utami Jl. Raya Juanda Selatan No. 36 Sidoarjo diselenggarakan Provinsi Jawa Timur dihadiri Dir Intelkam Polda Jatim, Kapolres seluruh jajaran Polda Jatim, Dandim dijajaran Kodam V Brawijaya Surabaya Jawa Timur, Ka. Biro Adm. Pamertoddo Prov Jatim, Staf Ahli Pangdam V Brawijaya Bid. Pengtek, Ketua KPU Provinsi Jatim dan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jatim.
Acara yang dibuka oleh Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Bakesbangpol Jawa Timur Drs. Jonatan Judianto menyampaikan bahwa sebentar lagi masyarakat Indonesia akan melaksanakan pesta Demokrasi yaitu Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dengan terselenggaranya kegiatan rakor ini beberapa hal mengenai kesiapan pemilu termasuk keamanan wilayah.
“Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka konsolidasi serta menyamakan persepsi antara pihak penyelenggara Pemilu dengan Pemerintah, TN-Polri yang berkaitan dengan pengamanan Pemilu tahun 2019 ini,” ungkap Bakesbangpol Jawa Timur Drs. Jonatan Judianto.
Dalam kegiatan rakor ini, dipaparkan situasi dan kondisi terkini sehubungan dengan pentahapan Pemilu masa kampanye.
Dir Intelkam Polda Jatim Drs. Teddy Setyadi memaparkan jajaran Kepolisian Daerah Jawa Timur dalam menghadapi Pemilu 2019, telah mengambil langkah deteksi dini & kaji secara berkesinambungan setiap perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang potensial menimbulkan konflik baik vertikal maupun horizontal sebagai akses dari kebijakan pemerintah.
“Dengan menggunakan strategi perpolisian masyarakat dalam memberdayakan masyarakat untuk ikut mengelola kamtibmas secara swakarsa diharapkan situasi kamtibmas pada pelaksanaan pemilu tetap aman dan kondusif” jelasnya.
Kapolres Gresik yang ditemui usai kegiatan memaparkan dari rakor ini kami akan menerapkan apa saja langkah yang diambil dalam rangka menciptakan pemilu damai tahun 2019 yaitu dengan, menggelar operasi cipta kondisi untuk memantapkan kondisi kamtibmas agar tetap kondusif selama berlangsungnya tahapan pemilu agar kamtibmas tetap aman dan kondusif selama pelaksanaan dan pasca pemilu tahun 2019.
“Kami akan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh para peserta pemilu agar tidak berkembang menjadi gangguan kamtibmas, tentunya dengan tetap menjaga netralitas polri” terang AKBP Wahyu S Bintoro.
(Humas Polres Gresik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here