HaloDunia.net,- Lampung Utara. Tim Pemantau Pelaksanaan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Utara melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait hasil dan proses pekerjaan fisik melalui serapan Dana Desa (DD) tahun 2019 di Desa Pekurun Udik, Ogan Jaya dan Sinar Gunung Kecamatan Abung Pekurun dan serta di Desa Way Perancang dan Desa Bindu Kecamatan Abung Kunang, Kabupaten Lampung Utara. Rabu (2/10/2019).

Pelaksanaan monev Kejari Lampura ini dimulai dengan turun lapangan langsung di Desa Pekurun Udik, Kecamatan Abung Pekurun . Dari hasil kunjungan di beberapa titik lokasi pekerjaan di Desa pekurun Udik , menurut Tim TP4D Kasubsi Sospol Kejari Lampura, David Andi SH, mewakili Kasi Intel, Hafidz SH. MH., mengatakan pekerjaan infrastruktur Desa Pekurun udik melalui serapan DD 2019 tidak ditemukan masalah yang berarti.

“Meski demikian, kami memberikan beberapa saran dan masukan untuk penyempurnaan dan perapihan pekerjaan agar hasil akhir pembangunannya dapat lebih maksimal,” ujar David Andi, SH yang didampingi anggota TP4D Kejari Lampura, Doni Amindo SH. MH., saat diwawancarai usai melakukan monev di Desa pekurun udik, Rabu (2/10).

Kelapa Desa pekurun Udik, Amar ma’uf. saat di kompirmasi menjelaskan Dana Desa tahun 2019 tahap ke II di bangunkan, lapangan sarana olahraga, gedung posyandu dan siring pasang.

Amar ma’uf, sangat mengapresiasi dan berterima kasih adanya Monev yang di lakukan TP4D kejari Lampung Utara.

“kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi Tim TP4D yang sudah mengontrol kegiatan kami, Kalau pun ada kekurangan maka kami siap akan memperbaiki karena waktu nya masih ada,” ujarnya.

Masih di Kecamatan Abung Pekurun, tim TP4D Kejari Lampura, monev di Desa Ogan jaya ,dan Desa Sinar Gunung, untuk DD di Desa Ogan Jaya membangun siring pasang (Drenase) dan taman desa.

Juanda selaku kades ogan jaya, menuturkan pembangunan infrastruktur yang menggunakan serapan DD 2019, pihaknya akan melakukan beberapa pembenahan sesuai dengan arahan dan masukan yang disampaikan oleh TP4D Kejari Lampura.

“Ya terima kasih atas saran ataupun masukan yang diberikan oleh TP4D Kejari Lampura pada prinsipnya untuk hasil yang lebih maksimal. Dari pekerjaan yang telah dimonitor dan dievaluasi, alhamdulillah, tidak ditemukan kendala yang bersifat pengurangan volume pekerjaan maupun pembangunan yang tidak dikerjakan,” tuturnya.

Selain itu, Kepala Desa Kades Eef menyampaikan, pembangunan infrastruktur yang dikerjakan, berupa pembangunan Siring pasang ( Drenase) ,dan jalan lapen.

Selanjutnya, tim TP4D monev di Desa Way Perancang dan Desa Bindu, kecamatan Abung Kunang.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa way Perancang, Samsiah menuturkan, dalam pembangunan dana desa tahap II , membangun 1 unit gedung Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) serta pagar beton dan gorong-gorong sekitar gedung tersebut.

Selanjutnya untuk di Desa Bindu, Kecamatan Abung Kunang juga melaksanakan pembangunan infrastruktur 1 unit Gedung sarana olahraga, Pembuatan lampu jalan sebanyak 270 unit, rehap kantor desa.

Diakhir pelaksanaan monev, TP4D Kejari Lampura, David Andi, mengatakan hari ini pihaknya telah melakukan monev di 5 desa di dua kecamatan.

“Namun pada prinsipnya, pekerjaaan belum 100% terselesaikan. Semua saran dan masukan yang diutarakan tim ahli TP4D Kejari Lampura akan ditindaklanjuti para kades yang mendapatkan monev,” ungkap David Andi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here