*SATGAS NUSANTARA*

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Profesor HM. Tito Karnavian, MA, Ph.D membentuk Satuan Tugas Nusantara yang berfungsi sebagai sistem pendingin _(cooling system)_, merupakan wujud kesigapan Polri melakukan antisipasi dini memanasnya suhu politik tanah air.

Satgas Nusantara mengemban tugas pokok meminimalisir isu-isu provokatif, isu-isu yang yang bersifat primordialisme (SARA : suku, agama dan ras), melalui langkah-langkah _proactive prevention_, diantaranya memantau, mengawasi dan melakukan tindakan pencegahan beredarnya hoax, ujaran kebencian dan isu SARA agar tidak berkembang menjadi konflik sosial.

Sedangkan langkah penegakan hukum (ultimum remidium) adalah langkah terakhir ketika langkah proactive prevention tidak mampu mengatasinya.

_Ultimum remedium_ sendiri merupakan salah satu asas yang terdapat di dalam hukum pidana Indonesia yang mengatakan bahwa hukum pidana hendaklah dijadikan upaya terakhir dalam hal penegakan hukum.

Hal ini memiliki makna apabila suatu perkara dapat diselesaikan melalui jalur lain (kekeluargaan, negosiasi, mediasi, perdata, ataupun hukum administrasi) hendaklah jalur tersebut terlebih dahulu dilalui.

*_Mari, wujudkan Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk untuk Indonesia Jaya…_*

*DIRGAHAYU 73 TAHUN INDONESIA MERDEKA*

*Salam Indonesia Raya*

#polribaginegeri
#pemiludamai
#satgasnusantarapolri
#bloggerpolri
#bhayangkaraindonesianews
#gerax

@ MABES POLRI (Markas Besar Polisi Republik Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here