Selain alam yang menakjubkan, makanan yang lezat atau destinasi berbelanja yang murah dan beragam, festival unik dan menarik juga kerap menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi.

Ya, ada begitu banyak festival unik dan menarik, bahkan bisa dikatakan di luar akal yang memberikan wisatawan pengalaman baru saat melihatnya.

Dari sinilah, kita bisa mengetahui lebih jauh mengenai banyak tradisi mengejutkan di seluruh dunia yang tampak tidak biasa dan bahkan aneh.  Ingin tahu apa saja? Berikut festival paling gila yang bisa menjadi tujuan liburan baru bagi Anda, dilansir dari BrightSide.

1. Thaipusam, Hindu Festival Piercing

Festival menarik dunia [brightside]
Festival menarik dunia [brightside]

Festival ekstrim dan gila yang harus Anda kunjungi adalah Thaipusam. Festival ini diselenggarakan setiap musim dingin di Malaysia dan Singapura. Umat Hindu setempat akan menusukkan seluruh tubuh mereka dan memasang kait yang tajam ke punggung mereka.

Mereka akan berjalan dengan menarik beban yang disebut “kavadis” yang menempel di tubuh mereka selama 10 jam. Seluruh ritual bertujuan untuk menunjukkan pengabdian orang-orang beragama dan membersihkan mereka dari segala dosa mereka. Ini mungkin terdengar tidak nyata, tetapi lebih dari satu juta orang mengambil bagian dalam festival yang luar biasa ini.

2. El Colacho, Spanyol

Festival menarik dunia [brightside]
Festival menarik dunia [brightside]

Setiap bulan Juni, desa di Castrillo de Murcia, Spanyol akan dipenuhi dengan ‘setan terbang’ dan bayi!

El Colacho, atau Baby Jumping Festival mengumpulkan banyak orang di semacam acara pembaptisan. Festival juga merupakan daya tarik spektakuler bagi penduduk lokal dan wisatawan. Ini dimulai dengan para pria yang menyamar sebagai setan berjas merah dan kuning yang menggunakan topeng.

Mereka berlarian di sekitar desa bersumpah pada kerumunan dan mencambuk orang-orang yang menghalangi jalan mereka. Kemudian suara drum mengumumkan bagian kedua, di mana ‘setan-setan’ inj mulai melompati bayi berusia di bawah satu tahun yang dipajang di kasur. Ritual ini diyakini dapat melindungi anak-anak dari nasib buruk dan, yang lebih penting, menghapus semua dosa mereka.

Meskipun semuanya terlihat menakjubkan dan berbahaya, Anda tidak perlu khawatir tentang anak-anak. Selama 400 tahun terakhir, trik ini telah dilakukan oleh para profesional, dan tidak ada anak yang terluka.

3. Saidai-ji Eyo Hadaka Festival, Jepang

Festival menarik dunia [brightside]
Festival menarik dunia [brightside]

Jepang menilai festival ini sebagai salah satu dari tiga festival mereka yang paling eksentrik.  Festival Saidai-ji Eyo Hadaka adalah acara khusus pria, mereka telanjang, mengumpulkan peserta di kuil untuk menangkap 2 “shingi” atau tongkat keberuntungan. Satu-satunya hal yang boleh dikenakan pria adalah cawat.

Meskipun acara tersebut berlangsung pada bulan Februari, mereka tidak kedinginan sama sekali di kuil karena para peserta berkerumun saat mereka berusaha untuk mengambil tongkat keberuntungan itu.  Begitu seorang pria mendapatkannya, ia yakin bahwa keberuntungan tidak akan berpaling darinya.

4. Monkey Buffet Festival, Thailand

Festival menarik dunia [brightside]
Festival menarik dunia [brightside]

Setiap November, masyarakat di Kota Tua Lopburi. mengundang ribuan monyet untuk berpesta di Monkey Buffet Festival. Lebih dari 4.000 kg berbagai hidangan Thailand disajikan di dekat Kuil Khmer hanya untuk mereka.

Idenya adalah untuk menghormati makhluk yang diyakini membawa keberuntungan. Di mana lagi Anda bisa melihat monyet makan makanan penutup yang lezat dan minum soda dari kaleng? Datanglah ke “Kota Kera” ini, dan pastikan semua kera diperlakukan dengan baik.

5. Hari Nyepi, Bali

Umat Hindu melaksanakan ibadah Tawur Kesanga dan Sembahyang Tilem di Pura Amerta Jati, Depok, Rabu (6/3).[Suara.com/Arief Hermawan P]
Umat Hindu melaksanakan ibadah Nyepi [Suara.com/Arief Hermawan P]

Pada Hari Raya Nyepi, Hari Hening, semua penduduk di pulau itu (termasuk wisatawan) wajib mengikuti beberapa aturan yang sangat ketat: tidak ada api, tidak ada perjalanan, tidak ada aktivitas, tidak ada hiburan. Aturan-aturan ini mengharuskan lalu lintas dan listrik untuk dimatikan (dengan pengecualian untuk layanan darurat) selama 24 jam ke depan untuk memungkinkan mereka refleksi diri, meditasi, dan relaksasi.

6. Festival Lumpur Boryeong, Korea Selatan

Festival menarik dunia [brightside]
Festival menarik dunia [brightside]

Festival Lumpur Boryeong tidak terlihat seperti spa dan resor lainnya, dan ini sangat menyenangkan. Setiap bulan Juli, Anda dapat mengambil bagian dalam semua jenis hiburan di pantai Laut Kuning, yang kaya akan lumpur mineral.

Permainan lumpur, mandi lumpur dan pijat, dan bahkan lomba lari maraton lumpur diiringi musik sambil menari, kegiatan ini menarik orang-orang dari seluruh dunia ke Boryeong, Korea Selatan. Tempat yang sempurna untuk menjaga kesehatan Anda sambil bersenang-senang.

7. Pertempuran Jeruk, Italia

Festival menarik dunia [youtube]
Festival menarik dunia [youtube]

Acara pertarungan makanan lain yang patut dikunjungi adalah Pertempuran Jeruk di Ivrea, Italia. Tiga hari sebelum Fat Tuesday, kota Ivrea diubah menjadi medan perang untuk sembilan regu yang berjuang demi keadilan.

Setiap tim memiliki komandan, seragam, dan sekelompok jeruk sendiri untuk dilemparkan ke lawan mereka. Para juri membuat keputusan pada akhir hari ketiga, dan tim yang menang akan dihormati oleh seluruh kota.

Meskipun pertempuran itu terlihat menyenangkan, itu sebenarnya sangat berbahaya karena jeruk bisa meninggalkan luka yang berat. Anda dilarang berpartisipasi tanpa helm. Bagi pengunjung yang penasaran, dimungkinkan untuk menyaksikan pertempuran dari kejauhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here