POLSEK PATRANG AWASI PELAKSANAAN RAPID TES WARGA PERUM PESONA REGENSY

0
16

Polsek Patrang,Polres Jember-Sejumlah 200 Orang di Perum Pesona Regensy Patrang melakukan Rapid Tes dan di lakukan Pendampingan dari Polsek Patrang IPDA Sugiyono bersama Kanit Intel dan Tiga Pilar Pada Kamis 11 Juni 2020 di Jl.Selamet Riyadi Patrang Jember.

Kegiatan Rapid Tes tersebut di Selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi yang di hadiri oleh Dr.Sri Hartatik dan Dr.Arif yang berkilau dengan Pusat Kesehatan masyarakat Patrang dan relawan Covid19.

Tes ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah.

Sementara itu Pihak Polsek Patrang melalui Kanit Binmas Polsek Patrang IPDA Sugiyono menjelaskan bahwa Rapid tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah yang dilakukan petugas kesehatan. Sampel darah tersebut diteteskan pada alat uji rapid test COVID-19 yang tersedia bersama cairan penanda antibodi.

Hasil rapid tes akan terlihat perlu waktu 10-15 menit berupa garis pada keterangan C, IgG, dan IgM. Garis pada C mengindikasikan pasien negatif, sedangkan garis pada C dan IgG atau IgM menandakan pasien positif.

Pada pasien negatif biasanya tes akan diulang dalam waktu 7-10 hari. Pengecekan ulang untuk memastikan tubuh tidak memproduksi IgM atau IgG akibat paparan virus corona. Pembentukan IgM dan IgG perlu waktu beberapa minggu bergantung pada reaksi tubuh.Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.

Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus terang Sugiyono.

Terpisah, Berdasarkan informasi yang di himpun setelah di lakukan Pemeriksaan Rapid tes oleh tim Kesehatan Dinas Provinsi dan PKM Patrang serta relawan Covid19 terdapat hasil reaktif sebanyak 6 orang dari 174  orang yang hadir tegas Pak Giyono Kanit Binmas Patrang (Ibnu/Ptr) #PolresJember #PolriCegahCorona #DisiplinPolaHidupBaru #LH87 #BagimuNegri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here