PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH COVID19 OLEH KAMPUNG TANGGUH LAWGRIEZ DI HADIRI OLEH KAPOLRES JEMBER

0
7

Polsek Patrang,Polres Jember- Kapolres Jember AKBP ARIS SUPRIYONO,S.I.K.,M.Si. bersama PJU Polres Jember di Dampingi Kapolsek Patrang menghadiri Pelatihan Pemulasaraan Jenazah korban Covid-19 yang di laksanakan oleh Kampung Tangguh LawGriez di jl.Mangis no 4 Rw 10 Kelurahan Jember lor Kecamatan Patrang Pada Senin tanggal 25 Mei 2020 di Pendopo Kelurahan Jember lor.

Dalam Pemulasaraan Jenazah korban Covid-19 di Bimbing oleh Dr.Endah Krisnawati dan Tim Urkes Pratama Polres Jember Bripka Iwan Wahyudi dan 5 Anggota dan di Ikuti Oleh kurang lebih 15 Orang peserta pelatihan.

Di Ungkapkan oleh Dr. Endah Krisnawati,Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerbitkan tata cara menangani jenazah pasien Covid-19 yang aman. Mulai dari proses memandikan, mengafani, hingga menguburkan.

Para petugas yang menangani jenazah Covid-19 perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap, seperti sarung tangan, masker, dan pelindung mata. Prosesi pemakaman juga diatur agar keluarga tetap menjaga jarak dengan jenazah.

Menurutnya, jika seseorang meninggal karena terinfeksi Covid-19, paru-paru dan organ tubuh lainnya masih mungkin mengandung virus hidup. Virus corona pada manusia dapat tetap menular di permukaan hingga sembilan hari.

Virus corona dapat bertahan di beberapa permukaan benda seperti kayu, aluminium, kain, dan benda lainnya.

Namun, apabila protokol penanganan jenazah pasien Covid-19 dilakukan dengan baik dan benar, jenazah tidak akan menularkan virus kepada orang yang masih hidup.

Sementara itu Kapolres Jember,telah memberikan Bantuan APD untuk Para Petugas Perawat Jenazah Covid19 yang telah di Putuskan oleh Ketua Koordinator Relawan Kampung Tangguh LawGriez agar bisa lebih efektif dan aman dalam memberikan Pelayanan dan Penanganan Jenazah Covid19,namun sebelum di gunakan agar para Relawan Kampung Tangguh terlebih dahulu melakasanakan Pelatihan dan mengikuti Petunjuk dari Tim Medis sehingga nantinya akan terbiasa dalam menangani dan berjalan dengan aman tegas Kapolres Jember.(Ibnu/Ptr) #PolresJember #PolriCegahCorona #PolriAntisipasiCorona #PolriBerantasCovid19 #Lebihbaikdirumahaja #LH87 #BagimuNegri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here